ADVERTISEMENT

Perdjoeangan dimulai pada bulan November 2019. Di tahap awal ini, Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus.

Perdjoeangan lalu berlanjut di hari Rabu, 19 Februari 2020 pukul 14.30-16.00 WIB di salah gedung yang ada di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Kota Pudak.

Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus.

Perdjoeangan kemudian berlanjut di salah satu ruangan yang terletak di Jl. Ki Sarmidi Mangun Sarkoro. Jalan itu ada di sebuah negeri yang terkenal dengan kuliner Pecel Lele. Perdjoeangan ini saya tunaikan pada hari Minggu, 13 September 2020 pukul 14.30-16.00 WIB.

Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus.

Perdjoeangan berikutnya saya lalui dengan menyiapkan lembar demi lembar dokumen. Saya masih ingat betul di tahap perdjoeangan ini saya harus wira-wiri di beberapa instansi karena ada masalah dengan dokumen yang saya miliki. Selain itu, orang tua dan keluarga yang lain juga ikut sibuk dengan dokumen yang lain yang ternyata juga ada masalah. Perdjoeangan ini saya lalui kurang lebih 15 hari di bulan November 2020.

Alhamdulillah, di hari Jumat tanggal 22 Januari 2021 muncul kabar yang membahagiakan saya, orang tua, istri, dan keluarga yang lain yang mengetahui perdjoeangan ini.

Tanggal 1 Februari 2021 adalah hari pertama saya mulai aktif makaryo di tempat ini. Lalu mendapatkan panggilan tugas mulai 29 Maret 2022 hingga 14 Juni 2022. Ada 7 hari di antara tanggal tersebut yang harus saya lalui di Kota Malang, sebuah kota yang juga menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Saya pernah mencatat terkait tugas tersebut di postingan Kembali Ke Malang.

Perdjoeangan tetap berlanjut hingga hari ini, Rabu, 1 Maret 2023 dan Alhamdulillah, saya dinyatakan: 100%. Setiap hari adalah perdjoeangan dan terus berdjoeang.

Saya berdoa: Semoga saya amanah. Saya juga berdoa dengan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Nuh:

رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Catatan singkat ini saya tutup dengan doa: Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas dengan kebaikan dan keberkahan yang berlimpah ruah bagi siapa saja yang membantu dan membersamai saya dalam perdjoeangan ini. Aamiin.

ADVERTISEMENT