Mumpung sedang viral kasus mural “404:Not Found”, mari kita bahas! Eh, di catatan ini saya tidak membahas kasus mural tersebut. Namun, fokus membahas secara singkat apa sebenarnya 404 Not Found itu.

Sekilas Tentang HTTP

Berkat peran besar protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol), kita bisa mengakses dan membaca catatan ini. Begitu juga saat kita mengunduh sumber daya dari suatu website, misalnya gambar, video, dan dokumen PDF, di situ juga ada peran protokol HTTP.

Untuk itu, berterimakasihlah kepada protokol HTTP yang selama ini membantu kita dalam berselancar di dunia internet, khususnya saat kita mengakses website. HTTP adalah protokol yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh para netizen.

HTTP merupakan salah satu protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer. Protokol HTTP yang telah digunakan sejak tahun 1990 ini digunakan oleh peramban (browser) dan komputer peladen (server) yang merupakan tempat bersemayamnya aplikasi website untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Kode Status HTTP

Kode Status HTTP atau dalam bahasa Inggris disebut HTTP Status Codes adalah kode standar yang diberikan oleh peladen kepada peramban atau kita terkait suatu sumber daya di website yang kita minta.

Salah satu fungsi Kode Status HTTP adalah untuk keperluan identifikasi masalah, misalnya saat kita tidak bisa mengakses suatu halaman pada website. Nah, dengan melihat kode status yang diberikan oleh peladen tersebut, kita bisa mengetahui masalahnya ada di mana.

Merujuk RFC 2616, ada 5 klasifikasi Kode Status HTTP, yaitu

  1. Informational 1xx,
  2. Successful 2xx,
  3. Redirection 3xx,
  4. Client Error 4xx, dan
  5. Server Error 5xx.

Penjelasan lengkap terkait 5 klasifikasi Kode Status HTTP di atas dapat anda baca di RFC 2616.

404 Not Found

Kadang kita mendapat pesan “404 Not Found” saat kita mengakses suatu pranala website. Contohnya pada gambar di bawah ini.

 Tangkapan layar tampilan halaman 404 Not Found milik google.com. Diambil pada tanggal 14 Agustus 2021 pukul 07:25 WIB.

Tangkapan layar tampilan halaman 404 Not Found milik google.com. Diambil pada tanggal 14 Agustus 2021 pukul 07:25 WIB.

Kode status 404 adalah respon dari peladen manakala kita mengakses suatu pranala website, namun ternyata sumber daya tersebut tidak ada dalam website. Dengan kata lain, kode status 404 memberi informasi kepada kita bahwa peladen tidak menemukan sumber daya yang kita minta pada suatu website.

Demikian penjelasan singkat mengenai 404 Not Found. Semoga bermanfaat.