ADVERTISEMENT

Sertifikat vaksin Covid-19 kini menjadi salah satu dokumen yang penting. Tentu saja kita akan memperoleh sertifikat vaksin Covid-19 setelah kita mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyediakan platform PeduliLindungi untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19. Setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19, kita bisa menggunakan platform tersebut baik melalui laman pedulilindungi.id maupun melalui aplikasi mobile PeduliLindungi untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 milik kita.

Namun, berdasarkan penelusuran yang saya lakukan di akun Twitter milik PeduliLindungi di @PLindungi, tak sedikit pengguna Twitter yang mengeluhkan adanya permasalahan di sertifikat vaksin Covid-19 milik mereka. Misalnya, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, namun sertifikat vaksin Covid-19 belum muncul di PeduliLindungi dan juga ada kesalahan data, misalnya nama dan tanggal lahir di sertifikat vaksin Covid-19.

Menanggapi keluhan masyarakat terkait sertifikat vaksin Covid-19, Kementerian Kesehatan merilis panduan tentang bagaimana menyelesaikan permasalahan terkait sertifikat vaksin Covid-19 di akun Twitter resmi miliknya di @KemenkesRI pada Selasa, 10 Agustus 2021.

“Tenang, kamu bisa menyampaikan kendala yang dihadapi melalui email [email protected],” tulis @KemenkesRI.

Masyarakat dapat melaporkan permasalahan sertifikat vaksin Covid-19 miliknya ke alamat email [email protected] dengan format email berisi data nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP), tempat dan tanggal lahir, dan nomor handphone.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melampirkan foto dan Kartu Vaksinasi Covid-19.

 Kartu Vaksinasi Covid-19. Foto: Muhammad Hanif/hanifmu.com.

Kartu Vaksinasi Covid-19. Foto: Muhammad Hanif/hanifmu.com.

Agar bisa langsung diproses, masyarakat bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, foto selfie dengan KTP, dan menjelaskan keluhannya terkait permasalahan sertifikat vaksin Covid-19 miliknya.

ADVERTISEMENT