ChatGPT yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir di berbagai kanal media sosial dan informasi adalah salah contoh kecerdasan buatan. Lalu, apa itu kecerdasan buatan? Ada berapa jenis kecerdasan buatan?

Kecerdasan buatan atau dalam bahasa Inggris disebut Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan sistem yang dapat melakukan tugas memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Ada empat (4) tipe kecerdasan buatan, yaitu Reactive Machines, Limited Memory, Theory of Mind, dan Self-aware. Di bawah ini adalah penjelasan singkat 4 tipe kecerdasan buatan tersebut.

Reactive Machines adalah tipe kecerdasan buatan yang paling dasar. Reactive Machines hanya beraksi berdasarkan skenario yang telah ditentukan. Dengan kata lain, Reactive Machines hanya dapat melakukan berbagai tugas yang telah ditentukan sebelumnya. Contoh penerapan kecerdasan Reactive Machines, yaitu filter spam.

Limited Memory adalah tipe kecerdasan buatan yang mampu menyimpan data dan mempelajari data yang diproses sebelumnya serta menggunakan data tersebut untuk membuat prediksi yang lebih baik. Contoh penerapan kecerdasan buatan Limited Memory dapat kita lihat pada mobil yang menerapkan teknologi self-driving.

Theory of Mind adalah tipe kecerdasan buatan yang lebih maju karena tipe kecerdasan buatan ini dapat berinteraksi dengan manusia. Kecedasan buatan tipe ini fokus pada kecerdasan emosional sehingga keyakinan dan pikiran manusia dapat dipahami dengan lebih baik.

Self-aware adalah tipe kecerdasan buatan yang sangat tinggi karena tipe kecerdasan buatan ini memiliki kesadaran yang selevel dengan manusia.