ADVERTISEMENT

Bagi yang sudah lama bergelut di dunia computer networking tentu tidak asing lagi ketika mendengar kata MikroTik. MikroTik merupakan sebuah perusahan yang berbasis di kota bernama Riga di negara Latvia yang memproduksi hardware dan software yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer.

MikroTik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider)nirkabel. MikroTik memproduksi hardware seperti router, switch, antena, serta perangkat pendukung lainnya sedangkan produk software yang diproduksi oleh MikroTik ialah MikroTik RouterOS.

MikroTik RouterOS

MikroTik RouterOS merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik RouterOS dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router yang handal.

MikroTik RouterOS memiliki fitur di antaranya adalah routing, firewall, dan NAT (Network Address Translation), bandwidth management, DHCP, wireless access point, backhaul link, hotspot gateway, VPN server, dan masih banyak fitur lainnya.

MikroTik RouterBoard

MikroTik RouterBoard merupakan router yang diproduksi oleh MikroTik. MikroTik RouterBoard seperti halnya sebuah PC yang memiliki processor, RAM, ROM, dan memori flash, namun ukurannya lebih kecil serta hemat listrik. Untuk sistem operasinya, MikroTik RouterBoard menggunakan MikroTik RouterOS yang berfungsi sebagai network router.

ADVERTISEMENT