ADVERTISEMENT

Dalam dunia jaringan komputer, proxy server merupakan suatu sistem komputer yang menjadi perantara antara client (yang meminta suatu layanan) dan server (yang menjadi pelayan). Dengan kata lain, proxy server bertindak sebagai gateway antara jaringan publik (internet) dengan jaringan privat. Dengan demikian, setiap permintaan yang dilakukan oleh client akan diteruskan oleh proxy server ke tempat tujuan.

Selain bertindak sebagai gateway, proxy server juga mampu berperan sebagai agen keamanan (firewall) untuk jaringan privat. Dengan memanfaatkan proxy server, seorang administrator bisa membuat aturan penggunaan internet dalam jaringan privat seperti melarang atau mengijinkan akses ke suatu domain tertentu. Sehingga client yang berada di belakang proxy server, dipaksa untuk mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam proxy server.

Proxy server juga bisa digunakan untuk web caching. Web caching merupakan suatu mekanisme yang bisa dijalankan pada proxy server untuk menyimpan objek internet seperti gambar ataupun halaman web yang pernah diakses.

Sebagai contoh, ketika client A mengakses suatu portal, proxy server akan bekerja dengan melakukan caching terhadap objek internet yang dikunjungi oleh client A tersebut. Kemudian bila ada client B yang mengakses portal/objek yang sama yang pernah dikunjungi oleh client A, maka proxy server tidak perlu lagi mengambil objek internet dari server yang dituju, tetapi cukup mengambil dari cache yang sudah tersimpan untuk diberikan kepada client B. Dengan adanya caching, bandwidth yang dipakai akan lebih hemat dan tentunya akan mempercepat akses ke portal yang dituju.

ADVERTISEMENT