Masyarakat Kabupaten Lamongan patut bangga pada momen HUT ke-76 Republik Indonesia tahun ini. Pasalnya, kini Kabupaten Lamongan telah memiliki identitas resmi —untuk keperluan city branding— dalam bentuk logo “Lamongan Megilan”.

Logo “Lamongan Megilan” di-launching secara langsung oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan pada Selasa, 17 Agustus 2021. Kegiatan peluncuran logo tersebut digelar secara terbatas dan dilakukan setelah mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Istana Merdeka.

Logo “Lamongan Megilan” telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Logo City Branding Kabupaten Lamongan. Dalam Perbup tersebut dijelaskan maksud logo city branding “Lamongan Megilan” adalah untuk memberikan gambaran budaya, karakteristik, potensi, dan sejarah Kabupaten Lamongan.

Sementara itu, tujuan pembuatan logo “Lamongan Megilan” adalah untuk memberikan citra yang positif serta spesifik pada Kabupaten Lamongan, mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan, dan meningkatkan daya saing Kabupaten Lamongan.

Selain itu, Bupati Yuhronur Efendi dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa logo city branding “Lamongan Megilan” tidak hanya sekadar logo, namun juga identitas resmi Kabupaten Lamongan.

City branding ini kita maksudkan sebagai strategi untuk memperkuat positioning Kabupaten Lamongan baik di regional maupun internasional dan tentu sebagai identitas Kabupaten Lamongan untuk memasarkan terutama potensi pariwisata, budaya, dan produk-produk lokal Lamongan,” jelas Bupati Yuhronur Efendi.

Masyarakat dapat memanfaatkan logo “Lamongan Megilan” baik dalam bentuk media cetak, media elektronik maupun media sosial yang tujuan pemanfaatannya adalah untuk mewujudkan kejayaan masyarakat Kabupaten Lamongan.

Salinan digital logo city branding “Lamongan Megilan” dapat diunduh melalui pranala bit.ly/lamonganmegilan.

Sebagai informasi, logo “Lamongan Megilan” dihasilkan dari lomba cipta logo city branding Kabupaten Lamongan yang merupakan salah satu lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-452 oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan pada 18 Mei 2021 - 18 Juni 2021 yang lalu.

Melansir dari akun Instagram @la.megilan, lomba ini diikuti oleh 164 peserta dengan total karya sebanyak 174 karya. Lima orang juri dari berbagai latar belakang dilibatkan untuk menilai karya-karya dari peserta. Kelima juri tersebut adalah Adrian Perkasa (Dosen Leiden University Belanda), Nugrahardi Ramadhani (Dosen DKV ITS), Nazarudin (Koordinator Tim Grafis JTV), Miftah Alamudin (Disparbud Lamongan), dan Supriyo (Ketua Lesbumi Lamongan).