Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) secara resmi telah mengumumkan tema dan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022. Lalu apa filosofi di balik logo peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022? Simak penjelasannya di bawah ini.

Melansir dokumen Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

 7 Filosofi dalam 77 (Sumber: dokumen Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia).

7 Filosofi dalam 77 (Sumber: dokumen Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia).

Dalam dokumen Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia juga dijelaskan bahwa ada 7 filosofi dalam angka 77 sebagai berikut:

  1. Percepatan dan Pergerakan

    Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

  2. Progres dan Pembangunan

    Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

  3. Demokrasi dan Keterbukaan

    Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

  4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

    Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

  5. Sinergi dan Harapan

    Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

  6. Penghubung antar Bangsa

    Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

  7. Persatuan Indonesia

    Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Download Logo Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Salinan digital logo peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 beserta pedoman penggunaannya dapat diunduh di laman resmi Kemensetneg, www.setneg.go.id.