Apa itu Docker Compose?

Sebelum kita melakukan instalasi Docker Compose di CentOS 7, kita perlu tahu apa itu Docker Compose.

Dalam dokumentasi resmi Docker, Docker Compose didefinisikan sebagai berikut:

Compose is a tool for defining and running multi-container Docker applications. With Compose, you use a YAML file to configure your application’s services. Then, with a single command, you create and start all the services from your configuration.

docs.docker.com/compose/overview/

Docker Compose adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mendefinisikan dan menjalankan suatu aplikasi dalam beberapa container. Misal seperti ini, kita memiliki aplikasi web lengkap dengan database-nya.

Kita membuat 2 container. Container pertama akan digunakan untuk menjalankan web server sekaligus menjadi tempat bagi source code dari aplikasi web tersebut. Container kedua menjalankan service database misal MySQL. Nah, untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan aplikasi tersebut, kita dapat menggunakan Docker Compose.

Untuk menggunakan Docker Compose, hal pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan file YAML. Di YAML tersebut kita mendefinikan kebutuhan dari aplikasi kita seperti berapa container yang akan dibuat, service apa saja akan dijalankan pada masing-masing container, bagaimana konfigurasi jaringan pada masing-masing container, dan lain sebagainya.

Setelah selesai mendefinikan kebutuhan container di file YAML tersebut, kita eksekusi file tersebut dengan menggunakan perintah docker-compose up untuk mengaktifkan dan menjalankan container.

Contoh file YAML adalah sebagai berikut:

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
version: "3.9" # optional since v1.27.0
services:
 web:
 build: .
 ports:
 - "5000:5000"
 volumes:
 - .:/code
 - logvolume01:/var/log
 links:
 - redis
 redis:
 image: redis
volumes:
 logvolume01: {}

Kita lanjutkan dengan instalasi Docker Compose di CentOS 7. Jika belum melakukan instalasi Docker CE di CentOS 7, silahkan membaca Instalasi Docker CE di CentOS 7.

Versi Docker Compose yang kita install adalah versi 1.21.2. Download Docker Compose dengan perintah di bawah ini:

curl -L https://github.com/docker/compose/releases/download/1.21.2/docker-compose-$(uname -s)-$(uname -m) -o /usr/bin/docker-compose
chmod +x /usr/bin/docker-compose

Verifikasi versi Docker Compose:

docker-compose --version

Referensi: