PDF Arranger adalah aplikasi berbasis python-gtk yang berfungsi untuk menggabungkan (merge), membagi (split), memutar (rotate), memotong (crop), dan mengatur ulang (rearrange) halaman dokumen pdf.

PDF Arranger merupakan fork dari proyek PDF-Shuffler. Baik PDF Arranger maupun PDF-Shuffler keduanya hanyalah antarmuka (frontend) saja. Yang membedakan keduanya adalah PDF Arranger menggunakan pustaka pikepdf sedangkan PDF-Shuffler menggunakan pustaka pyPdf untuk mengedit halaman dokumen pdf.

PDF Arranger tersedia untuk platform sistem operasi Windows, Linux, dan BSD. Info selengkapnya terkait PDF Arranger dapat anda baca di laman https://github.com/pdfarranger/pdfarranger.

Instalasi PDF Arranger di Ubuntu 20.10

Di bawah ini adalah langkah-langkah memasang PDF Arranger di Ubuntu 20.10.

Instalasi paket dependensi

sudo apt-get install python3-pip python3-distutils-extra python3-wheel python3-gi python3-gi-cairo gir1.2-gtk-3.0 gir1.2-poppler-0.18 python3-setuptools

Instalasi PDF Arranger

pip3 install --user --upgrade https://github.com/pdfarranger/pdfarranger/zipball/main

Sampai di sini proses instalasi PDF Arranger sudah selesai. Untuk menggunakan aplikasi PDF Arranger, kita bisa membukanya melalui menu atau juga bisa melalui terminal dengan mengeksekusi perintah di bawah ini.

pdfarranger