Visual Studio Code adalah sebuah text editor yang dikembangkan oleh Microsoft. Kita tidak perlu membayar untuk menggunakannya karena Visual Studio Code is free. Siapapun bisa menggunakannya.

Saya sendiri adalah salah satu pengguna Visual Studio Code. Bagi saya, Visual Studio Code adalah text editor yang powerful. Enak dibuat ngoding. Fitur-fiturnya banyak di antaranya adalah syntax highlighting, autocomplete, dan terintegrasi dengan perintah-perintah Git.

Visual Studio Code juga memiliki marketplace yang menyediakan banyak ekstensi yang siap dipakai untuk mendukung aktifitas kita di Visual Studio Code. Selengkapnya mengenai ekstensi dapat dilihat di marketplace.visualstudio.com/VSCode

Visual Studio Code dapat dipasang di platform sistem operasi Windows, Linux, dan juga Mac. File installer Visual Studio Code dapat diunduh di laman code.visualstudio.com/Download.

Sesuai dengan judul artikel ini, di bawah ini adalah langkah-langkah instalasi text editor Visual Studio Code di Linux Mint 20.2 Uma.

wget -qO- https://packages.microsoft.com/keys/microsoft.asc | gpg --dearmor > packages.microsoft.gpg
sudo install -o root -g root -m 644 packages.microsoft.gpg /etc/apt/trusted.gpg.d/
sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64,arm64,armhf signed-by=/etc/apt/trusted.gpg.d/packages.microsoft.gpg] https://packages.microsoft.com/repos/code stable main" > /etc/apt/sources.list.d/vscode.list'
rm -f packages.microsoft.gpg
sudo apt install apt-transport-https
sudo apt update
sudo apt install code # or code-insiders
Referensi: