ADVERTISEMENT

ISO 3166 adalah Standar Internasional untuk Kode Negara dan kode untuk subdivisi negara. Tujuan utama ISO 3166 adalah untuk mendefinisikan kode-kode yang diakui secara internasional berupa huruf dan/atau angka yang dapat kita gunakan ketika merujuk pada negara-negara dan subdivisinya. Namun, ISO 3166 tidak menentukan nama-nama negara secara langsung; informasi ini berasal dari sumber-sumber Perserikatan Bangsa-Bangsa (Bulletin Terminologi Nama-Nama Negara dan Kode Negara serta Wilayah untuk Penggunaan Statistik yang dikelola oleh Divisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Penggunaan kode-kode ini menghemat waktu dan menghindari kesalahan, karena daripada menggunakan nama negara (yang akan berubah tergantung pada bahasa yang digunakan), kita dapat menggunakan kombinasi huruf dan/atau angka yang dapat dipahami di seluruh dunia.

Contohnya, semua organisasi pos nasional di seluruh dunia bertukar surat internasional dalam wadah yang diidentifikasi dengan kode negara yang relevan. Sistem nama domain internet menggunakan kode-kode ini untuk menentukan nama domain tingkat atas seperti “.fr” untuk Prancis dan “.au” untuk Australia. Selain itu, dalam paspor yang dapat dibaca oleh mesin, kode-kode ini digunakan untuk menentukan kewarganegaraan pengguna, dan ketika kita mengirim uang dari satu bank ke bank lain, kode negara digunakan untuk mengidentifikasi lokasi bank tersebut.

Apa yang termasuk dalam ISO 3166? ISO 3166 terdiri dari tiga bagian: kode negara, kode subdivisi, dan kode yang dulunya digunakan (kode yang pernah digunakan untuk menggambarkan negara tetapi tidak lagi digunakan).

Kode negara dapat direpresentasikan sebagai:

  • Kode dua huruf (alpha-2), yang direkomendasikan sebagai kode umum.

  • Kode tiga huruf (alpha-3), yang lebih terkait dengan nama negara.

  • Kode numerik tiga digit (numeric-3), yang berguna jika kita perlu menghindari penggunaan skrip Latin.

Dengan menggunakan kode-kode ini, kita dapat dengan mudah merujuk pada negara-negara di seluruh dunia tanpa harus memperhatikan perubahan bahasa atau nama negara. Semua ini membantu memastikan konsistensi dan akurasi dalam komunikasi global.

Kode Negara Botswana Berdasarkan ISO 3166 Country Codes

Berikut ini adalah kode Alpha-2, Alpha-3, dan Numerik untuk negara Botswana berdasarkan ISO 3166 Country Codes:

Nama Negara (Bahasa Inggris)Nama Negara (Bahasa Indonesia)Alpha-2Alpha-3Numeric
BotswanaBotswanaBWBWA072

Berdasarkan ISO 3166 Country Codes, negara Botswana memiliki kode Alpha-2 “BW”, kode Alpha-3 “BWA”, dan kode numerik “072”.

ADVERTISEMENT