Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal dan tema untuk serangkaian debat capres-cawapres dalam rangka Pilpres 2024. Debat ini akan digelar sebanyak lima kali, dengan berbagai tema yang relevan dan penting bagi masyarakat.

Debat ini bukan hanya sekedar ajang pertukaran pikiran antar calon, tetapi juga merupakan platform bagi masing-masing capres-cawapres untuk menyampaikan visi dan misi mereka kepada publik. Melalui debat ini, masyarakat dapat lebih memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing capres-cawapres.

Pasangan capres-cawapres yang akan bertarung dalam debat ini adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka akan beradu argumentasi dan menyampaikan visi serta misi mereka dalam setiap tema debat.

Debat pertama akan digelar pada Selasa, 12 Desember 2023, dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Debat kedua dijadwalkan pada Jumat, 22 Desember 2023, dengan fokus pada Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

Tahun baru 2024 akan dibuka dengan debat ketiga pada Minggu, 7 Januari, yang akan membahas Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Infrastruktur.

Debat keempat akan berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024, dengan tema Energi, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat.

Debat kelima dan terakhir akan digelar pada Minggu, 4 Februari 2024, dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Baca juga:

Debat capres-cawapres Pilpres 2024 ini termasuk dalam metode kampanye Pemilu 2024 dan telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Penyelenggaraan debat ini akan disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta dan dapat disiarkan ulang selama masa kampanye.

Dengan adanya debat ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal visi, misi, dan program kerja dari masing-masing capres-cawapres. Selain itu, debat ini juga menjadi ajang bagi capres-cawapres untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menjawab berbagai isu strategis yang dihadapi oleh Indonesia. Diharapkan, melalui debat ini, masyarakat dapat membuat pilihan yang lebih berinformasi pada saat pemilihan umum.