ADVERTISEMENT

Kali ini saya sharing mengenai bentuk koin 1 dinar yang diproduksi oleh PT Antam. Koin 1 dinar yang dicetak oleh perusahaan tersebut menggunakan bahan baku emas dengan kadar 22 karat dan perak. Prosentase untuk emas yakni 91,7 % sedangkan untuk perak adalah 8,3 %. Koin 1 dinar tersebut memiliki berat 4,25 gram.

Berikut ini tampilan atau bentuk fisik bagian depan dan belakang dari koin 1 dinar yang diproduksi oleh PT Antam:

 Koin 1 dinar produksi PT Antam – Bagian depan

Koin 1 dinar produksi PT Antam – Bagian depan

Koin 1 dinar yang diproduksi oleh PT Antam ini dibalut dengan sertifikat yang dominan berwarna hijau. Pada bagian atas dari sertifikat terdapat tulisan:

Percetakan koin ini mengikuti aturan Khalifah Umar bin Khattab r.a dengan berat 4,25 gram dan kadar emas 91,7 % Penggunaan emas dan perak mengikuti tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah

Untuk bentuk fisik dari koin dinarnya sendiri yakni terdapat gambar Masjidil Haram dan terdapat tulisan: “Logam Mulia Indonesia” (dalam huruf arab pada bagian atas dan huruf latin pada bagian bawah).

Di samping kiri koin dinar terdapat tulisan angka 1 dengan warna putih dan background berwarna biru. Pada bagian bawahnya terdapat tulisan “Dinar” dengan warna kuning serta terdapat tulisan “Dinar Wahid” yang tertulis dengan huruf arab.

Pada bagian depan dari sertifikat tersebut juga terdapat logo Logam Mulia dan logo dari perusahaan PT Antam serta pada bagian bawah terdapat keterangan: “Diproduksi oleh PT ANTAM Tbk. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia – Indonesia”.

 Koin 1 dinar produksi PT Antam – Bagian belakang

Koin 1 dinar produksi PT Antam – Bagian belakang

Pada bagian belakang sertifikat terdapat informasi sebagai berikut:

SERTIFIKAT / CERTIFICATE

PT ANTAM Tbk UBPP LOGAM MULIA – INDONESIA

Menerangkan bahwa barang ini dibuat dengan spesifikasi

This is to certify that good mentioned below is guaranteed to meet the specifications of

Nama Barang / Good : Dinar LM

Dimensi / Dimension : 23 mm

Berat / Weight : 4,25 gram

Kadar / Fineness : Au = 91,7 % Ag = 8,3 %

Pada bagian bawah dari sertifikat terdapat tanda tangan Penguji/Assayer serta terdapat logo LBMA (London Bullion Market Association) dan KAN (Komite Akeditasi Nasional) yang berarti koin 1 dinar yang diproduksi oleh PT Antam tersebut telah memiliki sertifikasi dari kedua lembaga tersebut.

Untuk bentuk fisik dari koin dinarnya sendiri yakni terdapat tulisan “Allahu Ahad” (menggunakan huruf arab) serta dikelilingi oleh kaligrafi. Di sebelah kiri terdapat tulisan “LOGAM MULIA – INDONESIA” dalam huruf arab dan huruf latin.

ADVERTISEMENT