ADVERTISEMENT

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, resmi mendaftar sebagai bakal pasangan Capres dan Cawapres dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Kamis, 19 Oktober 2023.

Pasangan Capres dan Cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mendapatkan dukungan dari tiga partai politik, yaitu Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pasangan Capres dan Cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengusung visi: “Indonesia Adil Makmur untuk Semua”. Visi tersebut akan diwujudkan dalam delapan misi yang disebut “8 Jalan Perubahan”, yaitu sebagai berikut:

  1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air;
  2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global;
  3. Mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang
  4. Membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan dan saling memajukan;
  5. Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya;
  6. Mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa;
  7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah politik global untuk mewujudkan kepentingan nasional dan perdamaian dunia; dan
  8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

Link Download PDF dokumen mengenai Visi, Misi, dan Program Kerja Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat diunduh melalui tautan berikut:

ADVERTISEMENT