ADVERTISEMENT

Apa itu OpenStack?

OpenStack adalah adalah sistem operasi cloud yang digunakan untuk mengelola sumber daya seperti komputasi (compute), penyimpanan (storage), dan jaringan (networking) yang ada dalam suatu data center. OpenStack menyediakan dashboard yang memberikan kontrol penuh kepada administrator untuk memberdayakan sumber daya tersebut.

 Logo OpenStack (sumber: openstack.org)

Logo OpenStack (sumber: openstack.org)

OpenStack merupakan platform IASS (Infrastructure As A Service) berbasis open source yang dapat digunakan untuk mengelola dan membangun cloud baik itu keperluan private maupun public. Proyek OpenStack diinisiasi oleh Rackspace dan NASA pada tahun 2010.

OpenStack dirilis 2 kali dalam 1 tahun. Hingga tulisan ini dibuat, OpenStack sudah memiki 18 seri termasuk seri Rocky yang dijadwal akan dirilis pada Agustus 2018 mendatang. Daftar seri OpenStack dapat dilihat di releases.openstack.org.

Komponen OpenStack

OpenStack dibangun dari sekumpulan komponen yang bersifat modular. Berikut beberapa komponen-komponen tersebut:

  1. Horizon
    Horizon merupakan komponen yang menyediakan antarmuka berbasis web dimana melalui antarmuka tersebut administrator dapat mengelola OpenStack.
  2. Neutron
    Neutron merupakan komponen yang fokus menyediakan layanan jaringan (Networking As A Service). Salah satu layanan Neutron adalah memberikan layanan IP Addressing untuk instance.
  3. Cinder
    Cinder merupakan komponen yang menyediakan layanan block storage persisten untuk digunakan oleh instance dalam OpenStack. Cinder menjalankan fungsi pembuatan (create), pemasangan (attach), dan pelepasan (deattach) block storage ke/dari instance.
  4. Glance
    Glance merupakan komponen yang menyediakan layanan image untuk instance di OpenStack.
  5. Nova
    Nova merupakan komponen utama dalam IASS. Komponen ini bertugas mengelola dan mengotomatisasi sumber daya komputasi.
  6. Keystone
    Keystone merupakan komponen yang menyediakan layanan otentikasi, service discovery, dan otorisasi. Setiap komponen dan juga administrator OpenStack akan selalu berinteraksi dengan Keystone ini.

Komponen lainnya dapat dilihat di alamat openstack.org/software/project-navigator.

Referensi:

ADVERTISEMENT