ADVERTISEMENT

Hari ini, Jum’at (6/8/2021), saya membongkar arsip dokumen milik saya yang tersimpan di sebuah kardus bekas wadah air mineral kemasan gelas. Ndilalah saya menemukan CD installer Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) dan 10.04 (Lucid Lynx) yang saya dapatkan dari program ShipIt.

Tidak hanya CD installer saja, saya juga menemukan wadah dari CD tersebut beserta bungkus paketnya. Dua paket CD installer Ubuntu tersebut dikirim dari UK (United Kingdom).

 Wadah CD installer Ubuntu 9.10 dan 10.04. MUHAMMAD HANIF/hanifmu.com

Wadah CD installer Ubuntu 9.10 dan 10.04. MUHAMMAD HANIF/hanifmu.com

 Bungkus paket. MUHAMMAD HANIF/hanifmu.com

Bungkus paket. MUHAMMAD HANIF/hanifmu.com

Saya mendapatkan dua CD installer Ubuntu tersebut pada saat saya masih berstatus sebagai pelajar jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Muhammadiyah 5 Babat, sebuah sekolah kejuruan yang berada di wilayah yang terkenal dengan Wingko-nya. Ya, di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

CD installer Ubuntu 9.10 saya dapatkan pada tahun 2009, sedangkan CD installer Ubuntu 10.04 saya dapatkan pada tahun 2010.

Tahun 2009 adalah tahun di mana saya mengenal sistem operasi berbasis Linux. Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux pertama yang saya jajal dan pasang di laptop Acer 4736z berdampingan dengan sistem operasi bawaan laptop (dual boot), yakni Windows Vista.

Terima kasih kepada Pak Abdul Rohman, Guru TKJ di SMK Muhammadiyah 5 Babat, yang telah mengenalkan Linux dan mendorong murid-muridnya untuk menggunakan sistem operasi berbasis Linux.

Sekilas Tentang ShipIt

ShipIt adalah program dari Canonical, sebuah perusahaan yang membidani lahirnya distro Linux Ubuntu. Program ShipIt dimulai pada tahun 2005 yang tujuannya adalah memberikan CD installer Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server secara gratis.

Cara mendapatkan CD installer Ubuntu melalui program ShipIt pun sangat mudah, yakni cukup mendaftar dan memesan melalui laman http://shipit.ubuntu.com/.

Sayangnya, program ShipIt hanya berumur 6 tahun saja. Canonical memutuskan untuk menghentikan program ShipIt pada 5 April 2011. Pengumuman penghentian program ShipIt tersebut dapat dibaca di https://ubuntu.com/blog/shipit-comes-to-an-end.

ADVERTISEMENT