Ketika kita melakukan instalasi Docker, Docker akan membuat interface bridge dengan nama docker0. Interface docker0 tersebut oleh Docker diberi IP Address 172.17.0.1 dengan subnet 172.17.0.0/16.

Berikut ini merupakan informasi interface docker0:

 Mengubah IP Address dan Subnet Interface Bridge docker0


IP Address dan subnet yang digunakan di interface docker0 tersebut dapat kita ubah dengan mudah. Berikut ini cara mengubah IP Address dan subnet pada interface bridge docker0.

Catatan: Dalam tutorial ini saya menggunakan distro Linux Ubuntu.

Langkah Pertama

Untuk mengubah IP Address dan subnet pada interface bridge docker0 adalah memastikan terdapat file daemon.json di folder /etc/docker/.  Kalau file tersebut tidak ada, kita dapat membuatnya dengan perintah ini:

sudo touch /etc/docker/daemon.json

Langkah Kedua

Edit file daemon.json tersebut dengan menggunakan editor vi atau nano atau editor lainnya dan tulis baris kode berikut dan simpan pada file tersebut:

1
2
3
{
    "bip": "10.10.254.1/24"
}

Kode di atas tertulis dalam format JSON. Maksud dari kode di atas adalah interface bridge docker0 akan menggunakan IP Address 10.10.254.1 dengan subnet 10.10.254.0/24. Silahkan ganti IP Address dan subnet tersebut sesuai dengan keinginan.

Langkah Ketiga

Restart Docker.

service docker restart

Untuk memastikan apakah interface bridge docker0 sudah menggunakan IP Address sesuai dengan konfigurasi yang telah kita tulis di file daemon.json gunakan perintah berikut ini:

ifconfig docker0

Contoh hasil dari perintah di atas adalah sebagai berikut:

 Mengubah IP Address dan Subnet Interface Bridge docker0


Dari hasil di atas, inteface bridge docker0 sudah aktif dan menggunakan IP Address 10.10.254.1/24.

Demikian tutorial bagaimana mengubah IP Address dan subnet pada interface bridge docker0 Semoga bermanfaat.