Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat membantu kita mengembangkan potensi diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta membentuk karakter dan sikap yang baik. Pendidikan juga dapat membuka peluang dan kesempatan bagi kita untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia.

Salah satu pihak yang memiliki peran besar dalam pendidikan adalah guru. Guru adalah orang yang mengajar, membimbing, dan menginspirasi siswa dalam proses belajar. Guru juga adalah orang yang memberikan contoh, teladan, dan pengaruh positif bagi siswa. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang berjasa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk menghargai dan mengapresiasi guru-guru di Indonesia, setiap tanggal 25 November kita merayakan Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan terhadap jasa-jasa guru dalam dunia pendidikan. Hari Guru Nasional juga adalah hari untuk merefleksikan dan meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.

Tahun ini, Hari Guru Nasional 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Tema ini mengajak kita untuk bersama-sama mendukung gerakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Merdeka belajar adalah konsep pendidikan yang memberikan kebebasan dan kewenangan kepada siswa, guru, sekolah, dan daerah untuk menentukan dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan tantangan masing-masing.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada guru-guru. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Mengirimkan ucapan selamat dan terima kasih kepada guru-guru melalui media sosial, surat, video, atau cara lain yang kreatif dan menyentuh hati.
  • Membuat karya seni, puisi, lagu, cerita, atau bentuk apresiasi lain yang menggambarkan peran dan pengaruh guru dalam kehidupan siswa.
  • Mengikuti lomba atau kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau organisasi lain yang berkaitan dengan tema Hari Guru Nasional 2023.
  • Menyelenggarakan diskusi, webinar, atau kegiatan edukatif lain yang mengangkat topik tentang merdeka belajar, inovasi pendidikan, atau tantangan dan peluang guru di era digital.
  • Melakukan aksi sosial, donasi, atau bakti sosial yang dapat membantu guru-guru yang membutuhkan, misalnya dengan memberikan bantuan alat belajar, kuota internet, atau fasilitas lain yang dapat mendukung proses pembelajaran.
  • Menjadi duta atau relawan untuk menyebarkan informasi dan inspirasi tentang Hari Guru Nasional 2023 kepada masyarakat luas, khususnya siswa dan guru lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, siswa dapat mengunduh Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek di sini. Pedoman tersebut berisi tentang latar belakang, tema, logo, serta rangkaian acara dan kegiatan yang dapat dilakukan dalam peringatan Hari Guru Nasional 2023.

Mari kita rayakan Hari Guru Nasional 2023 dengan penuh semangat dan rasa syukur. Mari kita tunjukkan rasa cinta dan hormat kita kepada guru-guru yang telah berdedikasi dan berkontribusi bagi pendidikan kita. Mari kita bersama-sama bergerak dan merdeka belajar untuk mencapai cita-cita dan impian kita. Selamat Hari Guru Nasional 2023!