Sebelum mempelajari bahasa C lebih lanjut, alangkah lebih baik mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah sejarah singkat Bahasa C.

Bahasa C erat kaitannya dengan seseorang yang bernama Dennis Ritchie. Dialah orang yang berada di balik dan sekaligus merancang bahasa pemrograman C sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

Akar dari bahasa pemrograman C adalah bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language) yang dikembangkan oleh Martin Richard yang kemudian dikembangkan lagi oleh Ken Thompson menjadi bahasa pemrograman yang disebut dengan bahasa B. Bahasa pemrograman C untuk pertama kalinya digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation PDP 11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Pada tahun 1983, ANSI (American National Standars Institute) membentuk suatu komite untuk menetapkan standar ANSI untuk Bahasa C. Standar ANSI tersebut didasarkan pada standar UNIX (catatan: standar dari UNIX adalah standar bahasa pemrograman C yang asli).

Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah keyword. Ke-32 keyword tersebut adalah auto, break, case, char, const, continue, default, do, double, else, enum, extern, float, for, goto, if, int, long, register, return, short, signed, sizeof, static, struct, switch, typedef, union, unsigned, void, volatile, dan while.

Referensi:

  • Buku Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C ditulis oleh Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt.