ADVERTISEMENT

Sistem komputer merupakan kumpulan elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi satu sama lain. Elemen-elemen sistem komputer terdiri hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen tersebut saling bekerja sama untuk melakukan pengolahan data sehingga dari pengolahan tersebut akan didapatkan informasi yang dibutuhkan.

Hardware

Secara sederhana, hardware merupakan perangkat keras atau komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan PC (Personal Computer). Contoh dari perangkat komputer seperti motherboard, Central Processing Unit (CPU), Random Access Memory (RAM, Video Graphics Array (VGA), Harddisk Drive (HDD), Power Suply Unit (PSU), optical disc drive, monitor, keyboard, dan mouse.

Software

Software berbeda dengan hardware karena ia berbentuk abstrak. Software mempunyai fungsi untuk memberi instruksi kepada hardware agar melakukan suatu pekerjaan. Fungsi lainnya ialah ia sebagai sarana penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware.

Software dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Sistem operasi

Sistem operasi merupakan perangkar lunak yang mempunyai fungsi untuk mengontrol hardware komputer dan sebagai penghubung antara user dengan hardware sehingga user dimungkinkan dapat beriteraksi dengan hardware. Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk menjalankan program-program komputer, mengatur dan mengorganisir file-file yang ada pada harddisk.

Contoh sistem operasi: Windows, Ubuntu, Debian, Red Hat, Kali Linux, Backtrack, Blankon, dan Android.

2. Program aplikasi

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang menentukan bagaimana sumber daya pada PC digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Contoh program aplikasi ialah web browser (Firefox dan Google Chrome).

Brainware

Secara singkat, brainware merupakan pengguna komputer. Yang perlu diketahui adalah brainware tidak hanya dalam bentuk manusia saja tetapi juga bisa dalam bentuk komputer.

ADVERTISEMENT