ADVERTISEMENT

Bahasa pemrograman tak ubahnya seperti bahasa yang sering kita pakai dalam keseharian kita baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Tentu kita tahu bahwa setiap bahasa itu memiliki struktur (tata bahasa) yang harus dipelajari apabila kita ingin menggunakan bahasa tersebut.

Hal tersebut juga berlaku pada bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki struktur program yang berbeda-beda.

Sebagai pemula tentu sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu struktur dari suatu bahasa pemrograman. Dengan begitu, kita akan mendapatkan gambaran bagaimana struktur dari suatu bahasa pemrograman, bagaimana seharusnya program ditulis, dan tentunya lebih memudahkan kita dalam penulisan suatu program nantinya.

Bahasa C memiliki ciri khas yakni adanya kumpulan dari satu atau lebih fungsi-fungsi. Fungsi yang harus ada dalam setiap program C ialah fungsi yang bernama main(). Fungsi tersebut merupakan fungsi inti dari program C dan merupakan titik awal dan akhir eksekusi program. Itu berarti bahwa suatu program C memerlukan fungsi main() untuk memberitahu compiler di mana eksekusi program akan dimulai.

Suatu fungsi di bahasa pemrograman C dibuka dengan tanda kurung kurawal { dan ditutup dengan kurung kurawal }. Di antara kurung kurawal dapat dituliskan perintah-perintah yang nantinya akan dijalankan oleh bagian fungsi tersebut.

Berikut ini struktur dari bahasa pemrograman C:

1
2
3
4
5
6
7
main(){
    statemen;
}

fungsi_lainnya(){
    statemen;
}

Cukup sampai di sini tutorial Struktur Bahasa Pemrograman C. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

ADVERTISEMENT