ADVERTISEMENT

Mempelajari suatu bahasa pemrograman itu tak ubahnya seperi kita mempelajari sebuah bahasa. Dalam mempelajari suatu bahasa, misalnya bahasa Inggris, kita dituntut paling tidak mempelajari grammar atau tata bahasa yang ada di bahasa tersebut. Begitu juga bila kita mempelajari bahasa pemrograman, kita harus mengetahui “grammar” atau kaidah-kaidah penulisan kode yang ada di bahasa pemrograman tersebut.

Apa jadinya kalau kita mempelajari suatu bahasa tapi kita tidak mempelajari “grammar”-nya? Tentu saja akan menimbulkan banyak kerancuan. Hal yang sama juga berlaku bila kita sedang mempelajari suatu bahasa pemrograman. Tidak mengikuti kaidah-kaidah yang dimiliki oleh suatu bahasa pemrograman akan menyebabkan terjadinya syntax error.

Intinya, dalam memperjalari suatu bahasa pemrograman kita perlu tahu “grammar” yang ada dalam bahasa pemrograman tersebut. Kemudian kita memahami bagaimana cara “grammar” tersebut digunakan. Dengan cara seperti itu, tentu kita akan mudah dalam menulis kode-kode program. Setuju?

Selanjutnya: Tips Belajar Bahasa Pemrograman #2

* Ditulis di Ruang Baca ICT – Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 1 Juni 2013 pukul 07.49 WIB.

ADVERTISEMENT