ADVERTISEMENT

Apa itu Umami?

Umami adalah aplikasi yang berfungsi sebagai alat untuk analisis situs web (website analytics). Melansir laman umami.is, umami adalah aplikasi berbasis open source yang dapat di-hosting sendiri (self-hosted), fokus pada privasi serta merupakan alternatif untuk Google Analytics.

 Tampilan dasbor Umami (Sumber: laman umami.is).

Tampilan dasbor Umami (Sumber: laman umami.is).

Fitur Umami

Berikut ini sejumlah fitur yang dimiliki oleh Umami:

Simple analytics: Umami hanya mengumpulkan metrik yang kita butuhkan saja dan data hasil analisis situs web ditampilkan pada satu halaman yang sederhana dan mudah dijelajahi.

Visitor insights: Umami menampilkan rincian data metrik pengunjung situs web seperti peramban (browser), sistem operasi (OS), dan perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Custom events: Umami tidak hanya dapat mencatat jumlah pengunjung situs web saja, tetapi juga dapat kita gunakan untuk mencatat berapa jumlah klik tombol dan entri formulir.

Powerful filters: Umami menyediakan filter data yang mudah diterapkan untuk melihat segmentasi pengunjung situs web.

Realtime data: Umami menampilkan secara realtime lalu lintas kunjungan pada situs web. Kita juga dapat mengetahui secara pasti halaman pada situs web yang dilihat oleh pengunjung.

Multi-language: Umami mendukung multibahasa. Hingga tulisan ini diturunkan (12 September 2022 pukul 21.54 WIB), bahasa yang tersedia di Umami sebanyak 41 bahasa.

Unlimited websites: Kita dapat melacak situs web dalam jumlah yang tak terbatas dengan hanya menggunakan satu (1) instalasi Umami saja. Selain itu, Umami juga dapat melacak subdomain dan Uniform Resource Locator (URL) tertentu.

Multiple accounts: Umami mendukung multiakun.

Mobile-friendly: Umami menyediakan interface (antarmuka) yang telah dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Bypass ad-blockers: Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa Umami dapat di-hosting sendiri di bawah domain kita sendiri sehingga kita dapat menghindari pemblokir iklan (ad-blockers).

Light-weight: Umami memiliki ukuran skrip yang sangat kecil, yakni hanya 2 KB. Ukuran skrip yang kecil tentu akan dimuat dengan cepat dan tidak akan menjadikan situs web lambat.

Share data: Umami menyediakan sebuah fitur di mana kita dapat membagikan statistik kunjungan situs web secara publik melalui sebuah URL unik.

Dark mode: Umami menyediakan dasbor dengan mode gelap.

ADVERTISEMENT